Writer n Good Writing

Yeyeye….balik lagi sama admin kece yang satu ini…wkwkwkwkwkwkwk…;))

Di sini admin cuma mau berbagi tentang gimana sih cara buat JADI SEORANG PENULIS YANG BAIK...?? Dan gimana supaya tulisan kita itu bisa di bilang TULISAN YANG BAIK….??

Penulis dan tulisan yang baik itu pastinya akan selalu berkesinambungan, ga akan pernah bisa di pisahkan, kaya perangko sama lem…Kalo penulisnya bagus, hasil tulisannya juga pasti bagus. Sebaliknya, kalo tulisannya bagus, itu pasti karena penulisnya juga bagus…Nah, berdasarkan pencarian dari beberapa artikel yang admin baca, akhirnya admin dapet deh beberapa langkah atau cara gimana supaya kita bisa jadi seorang penulis yang baik, apa aja yah kira”…?? Ini dia…

  1. Read Good Writer : Sebelum kalian pengen jadi penulis yg baik, kalian tentunya harus sering” baca tulisan dari seorang penulis yang baik dulu. Jadi, kalian bisa mengasah diri kalian untuk bisa menghasilkan tulisan yang baik. Dari sering” baca itulah, pastinya kita juga bakal dapet beberapa ilmu yang bisa kita ambil, kan?
  2. Write a Lot : Sering” lah kalian menulis, baik itu tulisan dalam bentuk puisi, diary, artikel atau apapun. Semakin kalian sering berlatih buat nulis, kalian semakin bisa menghasilkan tulisan yang baik dan jadi seorang penulis yang baik. Menulis itu adalah sebuah kemampuan dan kalian harus sering berlatih untuk bisa mengasah kemampuan kalian.
  3. Write down ideas, all the time : Kalo kalian lagi dapet ide kapanpun, di mana pun itu, cepet” kalian tuangin ide itu ke sebuah kertas corat-coret dulu. Tulis inti” dari apa yang mau kalian tulis, supaya ide itu ga ilang pas nanti kalian udah mau nulis. Sering dapet ide itu juga hal yang penting banget.
  4. Expand Your Vocabullary : Kaya kita kalo lagi mau belajar bahasa asing, supaya kita cepet bisa, pastinya dengan cara kita harus menguasai banyak kosa katanya dong? Nah, buat jadi penulis yang baik pun kaya gitu, kita harus memperbanyak kosa kata kita yang bagus” buat di tuangin dalam tulisan kita nanti. Contoh, mendengung, mendecak, menyeruak, mendongak, menengadah, dll….Dan cari kata” yang kira” punya arti yang sama tapi tulisan yang beda, kaya Malem di bikin jadi Senja telah menggantikan terik yang selesai menjalankan tugasnya seharian tadi.
  5. Become a Better Researcher : Nah, kalo kalian udah bisa menjadi seorang Reviewer atau peneliti yang baik terhadap tulisan orang lain, insya Allah di jamin deh kalian udah bisa di bilang seorang penulis yang baik juga. Karena dengan begitu, kalian akan semakin bisa merevisi tulisan kalian sendiri, apa tulisan kalian itu udah layak di bilang bagus atau ga…
  6. Write for Audience : Coba deh kapan” kalian nulis sesuatu, baik itu cerpen, Fanfiction atau apa aja buat orang lain. Dan biar nanti tulisan kalian itu di nilai sama orang lain. Kalo mereka puas dan suka dengan tulisan kalian, berarti kalian emang pantes dapet predikat jadi seorang penulis yang baik.
  7. Get Feedback : Seorang penulis yang baik itu adalah yang mau menerima dan mendengarkan kritikan dari orang lain. Kenapa? Karena dari kritikan itulah justru kita bisa tau sejauh mana sih tulisan kita itu bisa di bilang tulisan yang baik?? Coba kalian suruh orang lain yang emang dia bisa di bilang penulis yang handal, buat baca tulisan kalian. Kalo kata dia tulisan kalian udah bagus dan ga perlu kritikan, pastinya kalian bakal seneng dong, berarti kalian juga udah pantes jadi penulis yang baik. Tapi kalo kata dia tulisan kalian masih banyak yang harus di perbaiki, jangan malu buat di dengerin dan kalian coba buat perbaiki.
  8. Put yourself out there : Kaya point ke enam dan tujuh, point ke delapan ini juga ampir sama, yaitu coba kalian suruh orang lain buat baca tulisan kalian, baik itu cerpen, artikel, puisi atau fanfiction. Tapi jangan cuma ke satu orang aja, tapi coba ke seluruh lapisan masyarakatnya juga, gimana maksudnya? Maksudnya adalah, coba deh kalian terbitin tulisan kalian itu ke sebuah penerbit. Atau buat kalian yang udah punya blog dan kalian menuangkan tulisan kalian itu di blog pribadi kalian, itu langkah yang bagus juga, tapi kalo ternyata tulisan kalian ga banyak yang baca di blog kalian sendiri, coba deh cari blog besar dan ternama yang emang udah rame pengunjungnya dan kalian share tulisan kalian ke blog itu.
  9. Learn to be conversational : Kalo lagi ga ada kerjaan, coba latihan buat pura” kalian lagi berdialog sama seseorang, atau bayangin kalo kalian lagi jadi seorang artis yang lagi latihan buat baca script skenario. Karena di cerpen atau novel juga banyak dialognya,kan?
  10. Start and end strong : Bagian terpenting dari tulisan kalian adalah bagian di awal dan akhirnya, terutama awal. Kalo di awalnya tulisan kalian itu ga menarik si pembaca, maka si pembaca pun jadi males buat baca lanjutannya. Tapi kalo tulisan kalian di awalnya atau bahkan judulnya aja udah menarik si pembaca, misal kalian bikin Cerita berlanjut pun, mereka pasti bakal penasaran dan pengen terus baca lanjutannya. Nah, kalo udah gitu kalian harus bikin akhir yang bagusnya supaya si pembaca itu ga kecewa dan bikin mereka pengen terus baca karya” kalian yang lainnya.

Nah..nah..nah…gimana Semers??? Tips” di atas berguna ga buat kalian?? Mudah” an sih berguna yah,,aamiin…Dan buat kalian yang suka nulis, bisa nilai diri kalian juga, apa point” di atas udah ada dalam diri kalian atau belum?? Kalau udah, SELAMAT berarti kamu udah bisa di bilang GOOD WRITER.…^^

 

Advertisements

7 thoughts on “Writer n Good Writing

  1. Wkwk~ aku nemu kesalahan dalam tulisan ini loh… sepertinya yang nulis page ini harus sering” buka kbbi, atau belajar perbedaan kata depan dan imbuhan <– kritik dengan bahasa yang paling halus sedunia XD #plak.

Hey Semers.....please, comment here! ^o^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s